Standar Pelayanan

  • 17 April 2020
Standar Pelayanan

Berdasarkan Keputusan Camat Cibugel Nomor 11/SK/Kec/2018 tanggal 17 Januari 2018 tentang Standar Pelayanan pada Jenis-jenis Pelayanan Umum di Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang.
Jenis-jenis pelayanan umum di Kecamatan Cibugel yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery)  diantaranya adalah :

1)      Pelayanan Ijin Usaha Mikro dan Kecil
2)      Pelayanan Rekomendasi Pembuatan e-KTP
3)      Pelayanan Rekomendasi Keterangan Pindah
4)      Pelayanan Rekomendasi Pembuatan Kartu Keluarga
5)      Pelayanan Pengantar Rekomendasi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
6)      Pelayanan Surat Ahli Waris
7)      Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
8)      Pelayanan Legalisasi Surat-surat Keterangan
9)      Pelayanan Rekomendasi Permohonan Kredit Bank
10)  Pelayanan Rekomendasi Permohonan Bantuan Dana (proposal)
11)  Pelayanan Rekomendasi Pengantar Ijin Rame-rame
12)  Pelayanan Surat Dispensasi Nikah
13)  Pelayanan Rekomendasi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
14)  Pelayanan Akta Jual Beli
15)  Pelayanan Administrasi Pertanahan lainnya.
 

Rincian komponen standar pelayanan yang terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) sebagaimana berikut.

1.      Pelayanan Ijin Usaha Mikro dan Kecil
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Perpres No. 98 th. 2014 tentang Perijinan untuk Usaha Mikro dan Kecil;
2.       Permendagri No. 83 Th. 2014 tentang Pedoman Pemberian Ijin Usaha Mikro dan Kecil;
3.       Peraturan Bupati Sumedang No. 97 Tahun 2015 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Ijin Usaha Mikro dan Kecil kepada Camat;
4.       Peraturan Bupati Sumedang No. 38 Th. 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Sumedang No. 97 Tahun 2015 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Ijin Usaha Mikro dan Kecil kepada Camat.
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa
2.       Fc KTP
3.       Fc NPWP
4.       Pas poto warna 3x4 satu lembar
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan untuk mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas pelayanan kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan formulir isian dilampiri dengan Surat Pengantar Rekomendasi Kepala Desa, fc KTP, fc NPWP, Pas poto;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon;
e.      Petugas pelayanan meneliti berkas permohonan;
f.        Petugas pelayanan mencatat berkas pemohon, menerbitkan nomor register  dan membuatkan blanko Surat Keterangan Usaha
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
h.      Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
i.         Camat menandatangani dan menerbitkan Surat Keterangan Usaha
j.        Petugas pelayanan menyerahkan Surat Keterangan Usaha kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Piagam Surat Keterangan Usaha
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
2.      Pelayanan Rekomendasi Pembuatan e-KTP
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang Nomor 23 Th. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
2.       Permendagri No. 63 Th. 2012 tentang Tata Cara Pelaporan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan;
3.       Perda Kabupaten Sumedang No. 6 Th. 2015 tentang Administrasi Kependudukan.
2.
Persyaratan Pelayanan
1.     Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa
2.     Formulir Fs-03 yang dilegalisasi oleh Kepala Desa
3.       Fc Kartu Keluarga
4.       Fc Ijazah
5.       Fc Surat Nikah
6.       Keterangan hilang dari Kepolisian (untuk pembuatan e-KTP yang hilang)
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dan formulir Fs-03 dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan merekam data biometric pemohon e-KTP;
f.        Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register rekomendasi pembuatan e-KTP;
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
h.      Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
i.         Camat menandatangani dan menerbitkan Surat Rekomendasi pembuatan e-KTP
j.        Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Legalisasi Surat Pengantar Rekomendasi Pembuatan e-KTP
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
3.      Pelayanan  Rekomendasi Keterangan Pindah
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang No 1 Th 1974 tentang Perkawinan
2.       Undang-undang No. 12 Th. 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia
3.       Undang-undang Nomor 23 Th. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
4.       Peraturan Pemerintah No. 9 Th 1975 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No. 1 Th. 1974 tentang Perkawinan
5.       Peraturan Pemerintah No. 37 Th. 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang No. 23 Th. 2006 tentang Administrasi Kependudukan
6.       Peraturan Presiden No. 25 Th. 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
7.       Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 88 Th. 2004 tentang Pengelolaan Administrasi Kependudukan
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa
2.       Kartu Keluarga (Asli dan Fotocopy)
3.       KTP (Asli dan Fotocopy)
4.       Fc Akta Perkawinan
5.       Fc Akta Kelahiran
6.       Pas poto warna 4x6 sebanyak 7 lembar
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register rekomendasi pindah;
f.        Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan Surat Rekomendasi pindah
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Legalisasi Surat Pengantar Rekomendasi Pindah
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
4.      Pelayanan Rekomendasi Pembuatan Kartu Keluarga
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang Nomor 23 Th. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
2.       Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan
3.       Peraturan Presiden RI No. 25 Th. 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
4.       Peraturan Pemerintah No. 37 tentang Pelaksanaan Undang-undang No. 23 Tahun 2006
5.       Perda Kabupaten Sumedang No. 6 Th. 2015 tentang Administrasi Kependudukan.
2.
Persyaratan Pelayanan
1.    Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa
2.     Formulir Fs-KK yang dilegalisasi oleh Kepala Desa
3.       Fc Akta Nikah
4.       Fc Ijazah
5.       Surat Keterangan Pindah Datang
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dan formulir Fs-KK dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register rekomendasi pembuatan Kartu Keluarga;
f.        Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan Surat Rekomendasi pembuatan KK
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Legalisasi Surat Pengantar Rekomendasi Pembuatan Kartu Keluarga
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
5.      Pelayanan Pengantar Rekomendasi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia;
2.       Peraturan Pemerintah No. 50 Th. 2010 tentang Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang Berlaku pada Instansi POLRI
3.       Surat Telegram Kapolri No. ST/1928/IV/2010 tanggal 20 Juni 2010 tentang Pemberlakuan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 50 Th. 2010
 
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa
2.       Fc KTP/SIM
3.       Fc Kartu Keluarga
4.       Fc Akta Kelahiran
5.       Pas poto warna 4x6 sebanyak 6 lembar
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register rekomendasi pembuatan Keterangan Catatan Kepolisian;
f.        Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan Surat Rekomendasi Pengantar SKCK;
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Legalisasi Surat  Pengantar Keterangan Catatan Kepolisian
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
 
 
 
 
6.      Pelayanan Surat Ahli Waris
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-Undang No. 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas Undang-undang No. 7 Th. 1989 tentang Peradilan Agama;
2.       Undang-undang No. 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan;
3.       Pasal 833 KUHP tentang penetapan Ahli Waris yang Beragama selain Islam
 
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa;
2.       Fc Surat Nikah Orang Tua;
3.       Fc Surat Kematian Orang Tua;
4.       Fc Akta Kelahiran para ahli waris;
5.       Fc KTP para ahli waris
6.       Fc KTP dua orang saksi
7.       Pembayaran PBB tahun terakhir
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register ahli Waris;
f.        Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan Surat Ahli Waris;
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Ahli Waris kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Surat Keterangan Ahli Waris
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
 
 
 
7.      Pelayanan Pembuatan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang No. 23 Thn. 2007 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup;
2.       Permendagri No. 2 Th. 2009 Tentang Pedoman Penetapan Ijin Gangguan di Daerah
3.       Perda Kabupaten Sumedang Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu
4.       Peraturan Bupati Sumedang Nomor 59 Tahun 2013 Tentang Harga Satuan Retribusi Dasar Bangunan
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa;
2.       Fc KTP Pemohon
3.       Fc KTP Saksi
4.       Fc NPWP
5.       Fc sertifikat Tanah/Bukti Kepemilikan Tanah/Akta perusahaan
6.       Surat pernyataan tanah tidak bermasalah bermaterai Rp. 6000
7.       Pembayaran PBB tahun terakhir
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.        Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.       Pemohon datang ke Kecamatan dan mengisi formulir permohonan IMB;
c.        Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.       Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.       Petugas Pelayanan melaksanakan Uji Petik Lapangan
f.         Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register IMB;
g.     Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
h.     Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
i.         Camat menandatangani dan menerbitkan Surat  Ijin Mendirikan Bangunan;
j.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Ijin Mendirikan Bangunan kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
7 Hari Kerja
5.
Biaya/tarif
  1. Bangunan Gedung Baru
L x It x Ip(1,00) x HSbg
  1. Rehabilitasi/renovasi bangunan gedung
L x It x Tk x HSbg
  1. Prasarana Bangunan Gedung
V x I x 1,00 x HSpbg
  1. Rehabilitasi Prasarana Bangunan gedung
V x I x Tk x HSpbg
  1. Bangunan Gedung
R = L x Ik x It x HSpbg
Keterangan :
L = Luas lantai bangunan gedung
It = Indeks terintegrasi
Ip = INdeks Pembangunan Baru
HSbg = harga satuan retribusi bangunan gedung
Hspbg=Harga satuan retribusi prasarana bangunan gedung
V = Volume/besaran (satuan m², m’, unit)
I = Indeks
Tk = Tingkar Kerusakan (0,45=sedang, 0,65= berat)
6.
Produk pelayanan
Ijin Mendirikan Bangunan
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.     Email : parigelcibugel@gmail.com
2.     Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
8.      Pelayanan Legalisasi Surat-surat Keterangan
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang No. 23 Thn. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
2.       Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Admnistrasi Kependudukan;
 
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa;
2.       Fc KTP Pemohon
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register Keterangan;
f.        Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan legalisasi Keterangan;
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Keterangan kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Legalisasi Surat-Surat Keterangan
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
9.      Pelayanan Rekomendasi Permohonan Kredit Bank
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang No. 23 Thn. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
2.       Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Admnistrasi Kependudukan;
 
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa;
2.       Fc KTP Pemohon
3.       Fc Bukti Kepemilikan Tanah/Bangunan
4.       Fc Bukti Pembayaran PBB Terakhir
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register Keterangan;
f.        Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.       Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan legalisasi Surat Rekomendasi Permohonan Kredit Bank;
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Surat Rekomendasi Permohonan Kredit Bank
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
10.  Pelayanan Rekomendasi Permohonan Bantuan Dana (proposal)
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.       Undang-undang No. 23 Thn. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
2.       Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Admnistrasi Kependudukan;
 
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa;
2.       Fc KTP Pemohon
3.       Berkas Proposal permohonan Bantuan Dana
4.       Fc Bukti Pembayaran PBB Terakhir
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register Keterangan;
f.     Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.    Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan legalisasi Surat Rekomendasi Proposal;
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Surat Rekomendasi Proposal
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
 
 
 
 
 
11.  Pelayanan Rekomendasi Pengantar Ijin Rame-rame
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.     Undang-undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia
2.     Undang-undang No. 23 Thn. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
3.       Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Admnistrasi Kependudukan;
4.       Peraturan Pemerintah No. 50 Th. 2010 tentang Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang Berlaku pada Instansi POLRI
 
2.
Persyaratan Pelayanan
1.       Surat Pengantar Rekomendasi dari Desa;
2.       Fc KTP Pemohon
3.       Fc Bukti Pembayaran PBB Terakhir
3.
Sistem, mekanisme, dan prosedur
a.       Pemohon datang ke desa untuk mendapatkan surat pengantar rekomendasi dari Kepala Desa;
b.      Pemohon datang ke Kecamatan;
c.       Pemohon menyerahkan berkas permohonan dan lampiran kelengkapan lainnya;
d.      Petugas pelayanan menerima berkas dari pemohon dan meneliti berkas permohonan;
e.      Petugas pelayanan mencatat dan menerbitkan nomor register Keterangan;
f.     Penelitian dan pemeriksaan oleh Kepala Seksi
g.    Penelitian dan pemeriksaan oleh sekretaris Kecamatan
h.      Camat menandatangani dan menerbitkan legalisasi Surat Ijin Rame-rame;
i.         Petugas pelayanan menyerahkan Surat Rekomendasi kepada Pemohon.
4.
Jangka Waktu penyelesaian
35 menit
5.
Biaya/tarif
-
6.
Produk pelayanan
Surat Rekomendasi Pengantar Ijin Rame-rame
7.
Pengelolaan pengaduan, saran, dan masukan
1.    Email : parigelcibugel@gmail.com
2.    Cp : 0821-1616-1413 (Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cibugel)
Pengaduan melalui media tersebut diatas akan ditindaklanjuti oleh tim pengaduan dengan tahapan sebagai berikut :
a) Cek administrasi
b) Koordinasi internal
c) Koordinasi instansi terkait
Responsif pengaduan : maksimal 3 x 24 jam Penyelesaian pengaduan sesuai dengan kondisi dan permasalahan yang diterima
 
 
 
 
 
 
12.  Pelayanan Surat Dispensasi Nikah
 
No
Komponen
Uraian
1.
Dasar Hukum
1.     Undang-undang No. 23 Thn. 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
2.       Peraturan Pemerintah No. 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Admnistrasi Kependudukan;
2.
Persyaratan Pelayanan

  • 17 April 2020